Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Inilah Profil Calon Gubernur Sulut YSK, Orang Terdekat Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Oct 19, 2024, 10:15 WIB Last Updated 2024-10-19T03:15:47Z

Globalsatu.com,MINUT - Pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan nomor urut 1, Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling dan Victor Mailangkay (YSK-VICTORY) berkontestasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulut 2024.


Paslon YSK-VICTORY mendapat dukungan sejumlah Parpol besar seperti Partai Gerindra, Golkar, NasDem, PKB, PKS, PSI, termasuk Parpol nonseat.


Masyarakat harus mengetahui, bukan tanpa alasan sejumlah Pertai besar mendukung YSK menjadi Gubernur Sulut, dan Masyarakat perlu mengetahui profil seorang YSK yang pantas untuk menjadi pemimpin di Provinsi Sulawesi Utara.


Yulius Selvanus Komaling (YSK) berdarah Minahasa, sosok berprestasi dan berpengalaman di dunia militer, merupakan lulusan terbaik Akademi Militer tahun 1988 dari kecabangan Infanteri (Kopassus), dengan kenaikan pangkat ‘Bintang Dua’ pada pertengahan tahun 2020.


YSK yang dikenal sebagai orang terdekat Presiden terpilih Prabowo Subianto, sebelum terjun ke dunia politik telah memegang berbagai posisi strategis, termasuk sebagai Wakil Komandan Grup 1 Kopassus dari 2010 hingga 2012, menjabat sebagai Komandan Korem 181/Praja Vira Tama di Papua Barat dan dipercaya menjabat Kepala Badan Instalasi Strategis Pertahanan (Kabainstrahan) Kementerian Pertahanan RI.


Terakhir, YSK menjadi Asisten Khusus Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan kali ini YSK mendapat tugas mulia untuk membangun daerahnya, Sulawesi Utara dengan mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur.


Saat ini YSK menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Sulut yang ditunjuk langsung oleh Presiden terpilih Ketua Umum DPP Gerindra Prabowo Subianto untuk mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur Sulut periode 2025-2030, berpasangan dengan Ketua DPW NasDem Sulut Victor Mailangkay selaku Calon Wakil Gubernur.


YSK merupakan sosok pemimpin yang handal, tangguh, berintegritas mampu menapaki jabatan strategis di militer, medapat dukungan keluarga yang harmonis dan bersahaja, dengan pangkat 2 Bintang di pundaknya, melambangkan seorang yang sukses dalam karir.


Berikut Profil Mayjen TNI (Purn) Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling yang lahir di Toraja (Sulsel) pada tanggal 17 September 1963, lulusan terbaik Akademi Militer (Akmil) thn 1988, dari Kecabangan Infantri (Kopasus);


Dalam Kesatuan telah memegang jabatan strategis yakni Komandan Korem (Danrem) 181/Praja Vira Tama.


Pendidikan Militer :

* Akademi Militer (1988)

* Sesarcab Infantri

* Pendidikan Komando

* Diklapa I

* Diklapa II

* Seskoad  (2005)

* Sesko TNI


Riwayat Jabatan :

* Pama Kopasus

* Wakil Komandan Grup 1 Kopasus (2010–2012)

* Kabinda Kepulauan Riau BIN (2016 – 2018)

* Staff Khusus Kasad (2018 – 2019)

* Komandan Korem 181/Praja Vira Tama (2019–2021) Papua Barat

* Kepala Badan Instalasi Strategis Kemhan. (2020–2021)


Sampai saat ini YSK menjabat sebagai Asisten Khusus Menteri Pertahanan RI yang adalah Presiden Republik Indonesia Terpilih, Prabowo Subianto.


(Ekin)

Iklan