Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Bangkitkan Semangat Olahraga, Fordeswita 2024 Sukses Digelar di Desa Wisata Likupang

Oct 13, 2024, 07:14 WIB Last Updated 2024-10-13T00:14:28Z

Globalsatu.com,MINUT - Festival Olahraga Masyarakat di Desa Wisata (Fordeswita) 2024 sukses digelar di Pantai Paal, Desa Marinsow, Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Sabtu (12/10/2024).


Pemukulan Tetengkoren menandai pembukaan Fordeswita 2024 oleh Ketua Umum KORMI Nasional Hayono Isman, Pjs Bupati Minut Reza Dotulung, Sekda Minut Novly Wowiling, mewakili Menkes dr Nahum, mewakili Menparekraf Direktur Iven Fransiskus, mewakili Menpora Kadispora Sulut Jemmy Ringkuangan, mewakili Kemendagri Amanah Asri, ketua KORMI Sulut Annie Dondokambey dan Ketua KORMI Minut Vonny A Rumimpunu.


Fordeswita 2024 bertujuan untuk membangkitkan semangat berolahraga di masyarakat dan mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Minahasa Utara.


Berbagai pertandingan digelar seperti tarik tambang, line dance, catur, lari karung, hadang dan lain-lain, dengan peserta berjumlah 2000 orang dari 55 desa wisata di Minut.


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulut Jemmy Ringkuangan membacakan sambutan Gubernur Sulut menyampaikan apresiasi dan mengatakan Fordeswita 2024 adalah momentum istimewa sebagai proyek percontohan pertama di Indonesia yang menggabungkan olahraga masyarakat dan pengembangan desa pariwisata.


"Ini menjadi suatu kebanggaan, karena selain mengembangkan olahraga masyarakat, acara ini memperkuat branding pariwisata Sulawesi Utara, khususnya Pantai Paal, Likupang di tingkat nasional dan internasional," kata Ringkuangan.


Ketua Umum Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional, Hayono Isman juga menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Fordeswita 2024 dimana kegiatan ini sangat positif dan sejalan dengan program KORMI untuk meningkatkan minat dan partisipasi masyarakat dalam olahraga.


"Acara ini menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan Indonesia yang sehat, bugar dan berprestasi, ini juga diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah”, ujar Hayono Isman.


Pjs Bupati Minut Reza Dotulung yang hadir dalam kegiatan menyampaikan harapannya, Fordeswita dapat menjadi event tahunan yang dapat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.


"Kegiatan ini membangkitkan semangat olahraga dan membangun masyarakat yang sehat dan bugar, sekaligus mempromosikan potensi wisata di Likupang yang memiliki potensi wisata yang luar biasa, dan kami yakin FORDESWITA 2024 dapat menjadi salah satu daya tarik wisata yang baru di daerah ini,” ucap Pjs Bupati Reza Dotulung.


Sementara Ketua Panitia Fordeswita 2024 Sekda Minut Novly Wowiling mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah awal dalam melestarikan olahraga tradisional sekaligus mempromosikan Likupang sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).


“Kegiatan ini membudayakan masyarakat berolahraga yang murah meriah, dan mensinergikan desa wisata sebagai wujud kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif dalam upaya peningkatan IKM dan UMKM desa wisata, yang juga dapat meningkatkan kunjungan wisata di Likupang,” tutur Sekda Wowiling.


Acara pembukaan Fordeswita 2024 dimeriahkan dengan beragam atraksi budaya, seperti tarian Katrili, musik Bia, Pato Pato, Kambasaran, Line Dance, Maengket, dan senam pernapasan yang menghibur pengunjung.

(Ekin)

Iklan