Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Pemkab Minut Serahkan Bantuan Bidang Kelautan dan Perikanan TA 2024 Senilai Hampir 1,8 Miliar

Sep 14, 2024, 14:37 WIB Last Updated 2024-09-14T07:37:37Z

Globalsatu.com,MINUT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menyerahkan bantuan bagi kelompok nelayan andalan dan binaan DKP Minut, bertempat di Smart Fisheries Village, Desa Tumaluntung, Kab. Minut, Sabtu (14/09/2024).


Ucapan selamat datang kepada Bupati Minut Joune Ganda disampaikan oleh Camat Kauditan Vilma Anthonie yang manyampaikan, kiranya program pemerintah ini boleh terus berlanjut dan bagi kelompok penerima bantuan diharapkan bisa memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat.


Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Minut Jack Paruntu dalam laporannya menyampaikan, jenis bantuan yang akan diberikan bagi kelompok nelayan, diantaranya:


1. Motor Tempel 15 PK untuk 20 kelompok Nelayan yang ada di seluruh Kabupaten Minahasa Utara


2. Sarana prasarana untuk 16 kelompok pembudidayaan Ikan, yang masing-masing kelompok akan menerima 7000 bibit Ikan Nila


3. Pakan Sabar 20 kg 


4. Pakan Glomer 420 kg


5. Pakan Kinser 900 kg


6. 1 Unit Mesin Pompa Alkon 


7. 1 Unit Mesin Potong rumput 4 Tak


8. 5 Buah Keranjang Industri


9. 10 Pasang Sepatu Bots


Total nilai bantuan yang disalurkan adalah berjumlah Rp. 1,785,000,000.


Bupati Joune Ganda dalam sambutannya mengatakan, penyerahan bantuan ini dipusatkan di Desa Tamaluntung ini dikarenakan daerah ini adalah tempat yang menjadi binaan dan percontohan DKP Minut, sehingga para kolompok nelayan penerima bantuan bisa belajar disini.


"Pemerintah akan terus rutin memberikan bantuan kepada para nelayan, karena kebetulan saya sebagai Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), berkomitmen untuk membantu seluruh nelayan, baik nelayan tangkap maupun budi daya ikan, karena ini menjadi motor penggerak perekonomian di Kabupaten Minahasa Utara," kata Bupati Joune Ganda.


"Minut ini memiliki garis pantai terpanjang di Sulawesi Utara, makanya ini menjadi harapan, pemberian bantuan kepada 16 kelompok budi daya air tawar dan 20 kelompok nelayan ini, saya harapkan di optimalkan penggunaannya agar hasilnya bisa maksimal," ucap Bupati Joune Ganda.


"Apalagi disini kelompok budi daya air tawar binaan DKP Minut ada bibit benih ikan 'Golden Fish UPR' yang sudah sampai di export keluar, dan permintaan dari luar semakin banyak, artinya peluang dimasa depan semakin meningkat," ujar Bupati Joune Ganda.


"Sekali lagi, manfaatkan semua bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini dengan sebaik-baiknya, semaksimal mungkin, untuk terus meningkatkan produksi dan kualitas," tutup Bupati Joune Ganda.


Pada kesempatan itu, Bupati Joune Ganda juga menabur benih ikan budi daya air tawar.


Turut hadir dalam penyerahan bantuan tersebut, Asisten II Pemkab Minut Allan Mingkid, Kepala Inspektorat Stephen Tuwaidan, Kadis Perdagangan Maximelian Tapada, Anggota DPRD Minut Anthoni Pusung, Hj. Azhar, Hukum Tua Desa Tumaluntung Richard Kamagi dan seluruh masyarakat penerima bantuan Perikanan. 

(Ekin)

Iklan