Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Hasil Verifikasi KPK dan Mendagri, Indeks Pengelolaan BMD Pemkab Minut Raih Kualifikasi Baik

Sep 5, 2024, 18:01 WIB Last Updated 2024-09-05T11:01:57Z

Globalsatu.com,MINUT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) dibawah kepemimpinan Bupati Joune J E Ganda SE, MAP, MM, M.Si dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH, MH berhasil meraih kualifikasi baik dalam pengukuran Indeks Pengelolaan Aset (IPA).


Berdasarkan hasil verifikasi KPK dan Kemendagri pada kegiatan Asistensi tata cara pengukuran Indeks Pengelolaan Aset (IPA), Indeks Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD), Kabupaten Minahasa utara mendapatkan nilai 2,16 kualifikasi

Hal itu disampaikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kegiatan asistensi Pengukuran Kinerja Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD), bertempat di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur, pada tanggal 3-5 September 2024.


Pada kegiatan tersebut, Direktur Penindakan dan Supervisi KPK RI Irjen Didik Agung Widjanarko menyampaikan, adapun tujuan digelarnya Asistensi Tata Cara Pengukuran Indeks Pengelolaan BMD ini untuk melihat sejauh mana tingkat pengelolaan BMD di setiap Pemda.


Widjanarko mengingatkan kepada seluruh Pemda untuk mengoptimalkan pengelolaan BMD sesuai aturan dan jangan keluar koridor karena pengelolaan BMD yang bermasalah sering menjadi titik rawan korupsi.


“Saya berharap tindak lanjut pengelolaan BMD dapat dilakukan oleh Kemendagri bersama dengan Pemda secara efektif, akuntabel, dan bebas dari tindak pidana korupsi,” ucap Widjanarko.


Bupati joune Ganda melalui Kepala Dinas Kominfo Minut Robby Parengkuan SH menyampaikan, Kabupaten Minahasa Utara mendapatkan prestasi dalam Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dengan perolehan IPA berkualifikasi baik.


"Kabupaten Minahasa Utara berhasil memperoleh penilaian Pengukuran Indeks Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) Minut dengan nilai 2,16 kualifikasi BAIK,” ucap Parengkuan.


Diketahui, pada tahun 2024 ini, Kabupaten Minahasa Utara bersama 100 Pemda dijadikan pilot projek pengukuran IPA.

(**/Ekin)

Iklan