Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Bawaslu Minut Sukses Gelar Apel Siaga dan Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2024

Sep 28, 2024, 21:48 WIB Last Updated 2024-09-28T14:48:30Z

Globalsatu.com,MINUT - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilihan dan Apel Siaga serta Deklarasi Kampanye Damai dalam rangka mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minut tahun 2024, bertempat di Kantor Bawaslu Minut, Sabtu (28/09/2024).


Ketua Bawaslu Minut Rocky Ambar memimpin Apel Siaga yang diikuti oleh Komisioner Bawaslu Sulut Donny Rumagit, Steffen Linu dan Erwin Sumampow, juga anggota Bawaslu Minut Waldy Mokodompit dan Simon Awuy dan Koorsek Bawaslu Michael Polii.


Turut menyaksikan Apel Siaga, Pjs Bupati Minut Reza Dotulung, Kapolres Minut, Dandim 1310 Bitung Minut, Kejari, Kepala Kejaksaan, Ketua KPU Minut bersama jajaran Komisioner, Kaban Kesbangpol Minut, Pimpinan Partai Politik dan Partai Pengusung serta Panwaslu, Pawascam, Panwas Desa se-Kabupaten Minahasa Utara.


Hadir juga Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Minut nomor urut 1, Melky Jakhin Pangemanan - Christian Kamagi (MJP-CK).


Rocky Ambar dalam sambutannya mengatakan, Apel Siaga ini adalah untuk memastikan bahwa Bawaslu siap dalam menjalankan tanggung jawab pengawasan dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Minahasa Utara.


"Jajaran Panwas di Kabupaten Minahasa Utara baik di tingkat Kecamatan sampai dengan tingkat Desa harus siap siaga atas segala kemungkinan yang terjadi, namun kehadiran Panwas bukan untuk mencari kesalahan atau melakukan intimidasi, melainkan melakukan pengawasan dan menjamin keamanan," kata Rocky Ambar.


“Kami juga mengingatkan kepada Paslon untuk tetap menjaga keamanan, jangan saling menjatuhkan, juga kami mengingatkan kepada masyarakat agar memiliki kedewasaan dalam berpolitik dengan tidak menyebarkan berita bohong (Hoax) dan isue SARA," ucap Rocky Ambar.


Sementara Pjs Bupati Minut Reza Dotulung dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah akan memastikan Pilkada dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai di Kabupaten Minahasa Utara.


Senada, Koordinator Divisi Hukum Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sulut Donny Rumagit juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menciptakan Pilkada yang damai tanpa pelanggaran dan Bawaslu siap dalam pengawasan untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada di Sulawesi Utara termasuk di Minahasa Utara.


Usai Apel Siaga dilaksanakan penanaman tewaang dan penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai serta doa lintas agama.


Kegiatan juga dimeriahkan dengan hiburan dari Chivaz Band dan penyanyi grup Cocolence.

(Ekin)

Iklan