Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Komitmen JG-KWL Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, RSUD Maria Walanda Maramis Capai Peringkat 1 se-Sulut

May 21, 2024, 12:28 WIB Last Updated 2024-05-21T05:28:46Z

Globalsatu.com,MINUT - Bukti nyata kerja keras dan komitmen Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda SE, MAP, MM,M.Si dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung Sh, MH (JG-KWL) untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat berhasil dengan pencapaian RSUD Maria Walanda Maramis (MWM) menjadi peringkat 1 se-Sulawesi Utara (Sulut) dalam pemanfaatan Antrian Online dengan capaian mencapai 99,57 persen.


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi warganya, dengan terus memperbaiki fasilitas kesehatan untuk dapat memberikan akses pelayanan yang lebih baik dan optimal kepada seluruh masyarakat Minut.


Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Minut, Robby Parengkuan SH menyampaikan bahwa peningkatan layanan di fasilitas kesehatan, khususnya di RSUD MWM, merupakan langkah positif yang memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat secara menyeluruh.


"Hal ini adalah komitmen Pemerintahan JG-KWL dalam upaya untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan, memperhatikan kesejahteraan dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat," ucap Parengkuan.


Lebih lanjut Parengkuan menjelaskan, salah satu inovasi yang diimplementasikan oleh RSUD MWM saat ini adalah penggunaan Antrian Online melalui Mobile JKN dan penerapan Surat Eligibilitas Peserta Elektronik (E-SEP).


Sistem Antrian Online melalui MJKN merupakan platform pendaftaran elektronik yang bertujuan untuk mengurangi penumpukan antrian di loket pendaftaran. Pasien dapat mendaftar dari rumah dan mengikuti jadwal pelayanan yang telah ditentukan dalam aplikasi.


“Berdasarkan data yang ada, pemanfaatan Antrian Online Mobile JKN telah disosialisasikan dan dilakukan melalui Pojok MJKN untuk pasien Rawat Jalan serta kunjungan pasien ke ruang rawat inap oleh Tim MJKN. Pojok MJKN untuk pasien Rawat Jalan tersebar di empat area strategis di RSUD MWM, yaitu di Area Klinik Sayap Barat, Area Klinik Sayap Timur, Area Klinik Dalam dan Jantung, serta Area Farmasi," terang Parengkuan.


Selain Antrian Online Mobile JKN, RSUD MWM juga menerapkan Surat Eligibilitas Peserta Elektronik (E-SEP) yang merupakan penerbitan SEP elektronik dengan menggunakan sidik jari pasien, hal ini memungkinkan pasien untuk melakukan pendaftaran sidik jari saat hadir ke rumah sakit.


Kegiatan Registrasi Finger Print dilakukan di depan pintu pendaftaran rawat jalan oleh Petugas Pendaftaran.


“Dengan adanya terobosan ini, diharapkan pelayanan kesehatan di RSUD MWM semakin meningkat dan memberikan kemudahan serta efisiensi bagi masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas," pungkas Kadis Robby Parengkuan.

(**/Angel)

Iklan