Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Andrei Angouw Himbau Warga Manado Jangan Buang Sampah Sembarangan

Sep 17, 2021, 20:28 WIB Last Updated 2021-09-17T13:35:46Z

Globalsatu.com, MINAHASA -  Sampah menjadi masalah serius yang dihadapi Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, apalagi saat musim penghujan tiba tumpukan sampah ini dibawah arus air memasuki pekarangan rumah warga maupun tempat umum lainnya.


Mengantisipasi kembali terjadinya musibah yang pernah dialami beberapa waktu yang lalu dimana akibat kelalaian warga membuang sampah sembarangan bahkan sampah tersebut menutupi aliran sungai dan akhirnya berakibat banjir yang cukup besar, Pemkot Manado kembali himbau warganya.


Seperti yang terpantau dalam akun sosial media facebook Andrei Angouw,Jumat (17/09) dimana Walikota Manado meminta warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.


"Masyarakat kota Manado yang Saya cintai; Bersama ini Saya mengajak kita semua untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama tidak membuang sampah dan barang apapun juga (termasuk bahan material, kayu, tanaman, dll) ke saluran air (drainase, anak sungai, maupun sungai).

 Permasalahan utama terjadi genangan dan banjir di Kota Manado saat hujan lebat adalah banyaknya sampah di saluran air, sedimentasi, dan penyempitan saluran air oleh masyarakat. Pemerintah Kota Manado akan berusaha untuk mengangkat sampah tepat waktu di tempat2 yg sudah ditentukan oleh petugas. Pemerintah kota Manado juga akan membenahi sarana dan prasarana penanganan sampah. 

Sampah mempengaruhi kualitas hidup kita bersama, kalau sampah tidak bisa kita tangani, kualitas hidup kita bersama akan menurun. Pemerintah Kota Manado akan menyiapkan berbagai sarana untuk bisa mengelola sampah dengan baik; bagian masyarakat adalah “tidak membuang sampah sembarangan," tulis Walikota


Dijelaskannya, permasalahan sampah ini bukan saja tanggung jawab pemerintah kota namun harus ada kerjasama dengan masyarakat.


"Pemerintah Kota Manado tidak akan mampu menghadapi masalah sampah ini sendirian. Kalau masyarakat masih membuang sampah secara sembarangan, sumber daya dan sarana prasarana pemerintah kota tidak akan mampu untuk menangani dan membersihkan kota Manado tercinta.

 Saya berharap bantuan dari seluruh masyarakat, terutama para tokoh agama, tokoh masyarakat, jajaran pemerintah dan aparat untuk bisa mengulang ulang mengenai hal ini dalam semua kesempatan dan tidak segan menegur masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan.Bersama sama; pemerintah dan masyarakat, kita jaga dan kita rawat Kota Manado tercinta. All for One, One for All; Semua untuk Kebersihan, Kebersihan untuk Semua,"ujar Walikota.(**/Ody)

Iklan